Share |

Piala Dunia 2010

09:37 / Diposting oleh adien /

Jepang Tim Pertama yang Lolos Piala Dunia 2010
TASHKENT - Jepang menjadi tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan (Afsel). Tiket Samurai Biru (julukan timnas Jepang) menuju Afsel diraih berkat kemenangan 1-0 atas Uzbekistan di grup 1 kualifikasi Zona Asia di Stadion Pakhtakor, Tashkent, tadi malam WIB (6/6).

Tambahan tiga poin itu membawa Samurai Biru menggusur Australia dari puncak klasemen grup 1 dengan 14 poin dari enam laga. Alhasil, poin Jepang tidak mungkin lagi dikejar Bahrain yang ba­ru mengoleksi tujuh poin sekalipun menang di dua laga sisa.

Sesuai aturan, dua tim ter­atas lolos otomatis ke Af­sel. Sedangkan peringkat ketiga diadu dengan peringkat ketiga dari grup 2 untuk mencari tim kelima yang mewakili Asia. Tim kelima itu akan menjalani playoff lawan juara Zona Oceania Selandia Baru guna berebut satu tiket ke putaran final.

Ditahbiskannya Jepang sebagai tim pertama ke Afsel tak lepas karena keuntungan perbedaan waktu kickoff. Sebab, Australia sejatinya juga bakal lolos ke Afsel karena sekadar butuh seri lawan Qatar di Doha. Hanya, kickoff laga di Doha adalah seusai laga Jepang versus Uzbekistan berakhir alias baru dini hari tadi WIB (7/6).

Di belahan benua lainnya, tepatnya di Eropa, Belanda juga punya kans lolos lebih cepat ke Afsel andaikan menang atas tuan rumah Islandia di grup 9. Tapi, laga di Reykjavik itu baru dimainkan tiga jam pascalaga di Tashkent atau dini hari tadi WIB.

Sukses Jepang menjadi negara pertama ke putaran final Piala Dunia 2010 berarti me­ngulang torehan kala melaju ke putaran final Piala Dunia 2006 di Jerman. Kala itu, Samurai Biru menggengam tiket pada 8 Juni 2005 atau di depan rivalnya di Asia mulai Arab Saudi, Korsel, Iran, termasuk raksasa Amerika Latin Argentina.

Putaran final Piala Dunia 2010 dihelat 11 Juni-11 Juli tahun depan itu memperebutkan 31 tiket via kualifi­kasi di enam ko­n­fe­­derasi. Yak­ni Asia (AFC), E­ropa (­UEFA), A­merika Latin (CONCACAF), A­frika (CAF), Oce­ania (OFC), dan CONCACAF bagi kawasan A­me­rika Utara, Te­ngah, dan Ke­pu­­lauan Karibia. Se­dangkan satu tiket sudah diplot Afsel karena status tuan rumah.

Gol kemenangan Samurai Biru saat melawan Uzbekistan tadi malam dicetak Shinji Oka­zaki saat laga baru berjalan sembilan menit. Gol itu berawal dari umpan terukur Kengo Nakamura. Sembari sprint dari belakang, Okazaki melepaskan tendangan meski masih bisa ditahan kiper Uzbekistan Ignatiy Nesteriv.

Tapi, bola liar disundul Okazaki meski penyerang 23 tahun itu dalam posisi terjatuh karena kehilangan keseimbangan saat sprint plus diganggu pemain lawan. Gol Okazaki menggenapi koleksi penyerang asal klub J-League Shimizu S-Pulse itu menjadi tujuh gol dari 12 caps.

Dua menit pascagol Okazaki, gawang Uz­bekistan kembali bergetar lewat sontekan Yoshito Okubo memanfaatkan free kick Yasuhito Endo. Tapi, gol Okubo tidak disahkan wasit Muhsen Basma (Syria) karena striker asal VfL Wolfsburg itu terperangkap offside. ''Jika ingin mengalahkan Uzbekistan, kami harus menekan dari awal. Kalau bisa, mencetak gol lebih dulu sebagaimana cara mereka menyulitkan kami di pertemuan pertama," papar Takeshi Okada, arsitek Jepang, sebelum kickoff, kepada Sport Sochi.

Di pertemuan pertama di Saitama pada 15 Oktober 2008, Jepang ditahan Uzbekistan 1-1. ''Solid­nya pertahanan adalah faktor lain kami bisa meraih hasil positif," tambah Okada yang tadi malam justru diusir dari bench jelang bubaran karena protes berlebihan kepada perangkat pertandingan.

Lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 sekaligus prestasi kedua Jepang dalam sepekan terakhir. Akhir bulan lalu (31/5), Samurai Biru menjuarai Piala Kirin di kandang sendiri. Shunsuke Nakamura dkk tampil luar biasa dengan memberondong gawang Belgia dan Cile masing-masing empat gol tanpa balas. Piala Kirin adalah turnamen rutin yang dihelat di Negeri Sakura tiap pertengahan tahun. (dns/aww)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar